Kreatifitas dan Inovasi??

20 10 2009
Kreatifitas menurut kami adalah sebuah proses pemikiran, mental, maupun sosial yang menggabungkan ide2 ataupun konsep2 yang muncul untuk menjadi sesuatu yang baru. Maksud dari kata ‘sesuatu yang baru’ disini menimbulkan sedikit perdebatan diatara kita, karena ada yang bilang bahwa yg dimaksud kata ‘baru’ disini adalah originalitas yaitu sesuatu yg belum pernah ada sebelumnya. Tetapi ada juga yg berpendapat bahwa ‘sesuatu yg baru’ disini maksudnya ‘sesuatu yg belum pernah kita pikirkan sebelumnya’ ataupun ‘sesuatu yang sudah pernah kita adaptasi dr hal itu sebelumnya dan kita lakukan sedikit perkembangan’..
Perbedaan pendapat memang sesuatu yang wajar, karena kita tidak akan pernah menyalahkan satu sama lain.. Kita menganut sistem demokrasi.. bukan begituuu teman-temannnn??? (yaaa doooongg) 🙂
Nah oleh karena itu pendapat tentang apakah kita kreatif ato enggak adalah sesuatu yg subjective.. Misalnya seperti ini, Adityo Mustaqiem berhasil menciptakan sebuah gedung dengan jembatannya dari Lego, dan dia bangga akan hal itu, karena menurut dia, itu adalah sebuah output dr hasil pemikiran kreatifnya, tetapi tiba2 ada yang nyaut nih (anggap saja ikrom)kalau hal itu tidak kreatif menurut dia, karena dia pernah membuat yang lebih hebat dari lego yg dibuat oleh Adit.. Bgitu juga apabila hasil mereka diujukkan bersama2, mungkin ada sebagian dr kita yg menilai bahwa hasilnya Adit yg lebih kreatif daripada hasil dari Ikrom, tetapi ada juga yg berpendapat sebaliknya..
Hal kedua yang akan kita bahas adalah inovasi.. Inovasi adalah kreatifitas yang diakui oleh banyak orang karena kreatifitas tersebut membawa perubahan terhadap suatu hal, dalam kasus ikrom dan adit saat masing-masing membanggakan hasil kreatifitas nya dalam bentuk lego, adit dan ikrom boleh berpendapat bahwa salah satu dari mereka lebih kreatif namun belum tentu salah satu dari mereka atau kedua belah pihak adit dan ikrom lebih inovatif karena hasil karya mereka belum tentu bermanfaat bagi orang lain. disini lah letak perbedaan kreatifitas dan inovasi, memang keduanya menyangkut ide baru namun saat suatu ide dapat memberikan perubahan atau manfaat terhadap sesuatu, hal itu baru dapat disebut inovasi…
mungkin ide lego krom lebih keren atau lebih hebat, namun saat ide lego ikrom diaplikasikan dalam kehidupan nyata, ternyata lego ikrom tidak dapat digunakan untuk suatu manfaat tertentu…..sedangkan lego adit yang lebih simple dan tidak terlalu keren tetapi lego adit dapat digunakan sebagai prototipe dalam kehidupan real misalnya jembatan, gedung, dsb….bisa dibilang hasil karya adit lebih INOVATIF dari pada ikrom dilihat dari nilai guna dan nilai fungsinya….
lego ikrom, hehehehe

lego ikrom, hehehehe

lego adit, hohohohho

lego adit, hohohohho

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: